top of page
DSC_0213.JPG

Jakarta seharusnya...

Di KURASIK, kita akan bongkar persoalan-persoalan yang udah ratusan tahun belum dapat diatasi, yaitu mengenai peran dan potensi informalitas dalam keseharian kota, sekaligus mencari pendekatan dan solusi yang cocok supaya kota informal ini dapat mengakomodasi dirinya sendiri dan mencapai paradigma kota informal yang baru.

Jakarta seharusnya...

banner new-01.png

Apa itu KURASIK?

KURASIK (Kursus Akomodasi Sektor Informal Kota) adalah sebuah program belajar bersama dari RRJ yang mengajak orang dari lintas bidang untuk bergabung dalam proses membayangkan bagaimana kota Jakarta (serta kota yang lain) bisa mengakomodasi informalitas sebagai salah satu kategori kegiatan ekonomi serta sosialbudaya yang sangat penting.

Melalui diskusi, workshop, ekspedisi lapangan dan simulasi, peserta KURASIK akan ikut bersama RRJ kembangkan pemahaman mengenai kenyataan informalitas di Jakarta yang telah dimulai melalui program KOTANATOMI, identifikasi persoalan dan kepentingan pihak formal, informal dan interaksi antaranya, dan membuatkan solusi inovatif yang bisa mengakomodasinya.

 

Sebagai sektor informal terbesar sedunia, di mana jutaan orang mengandalkan penghasilan dari usaha informal dan jutaan lainnya mengandalkan sektor informal sebagai konsumen, Jakarta merupakan calon terbaik menjadi laboratorium mendalami informalitas di ruang publik kota. Apalagi, sektor informal Jakarta memiliki karakteristik yang sangat cocok di dalam konteks kotanya dan menjadi daya tarik untuk para konsumen.

 

Di RRJ kami berpikir bahwa mengatasi masalah yang terkait keberadaan informalitas di ruang publik kota tidak mengharuskan menyinkir keberadaan informal. Justru, kita bisa mencari pendekatan baru yang menjaga manfaat-manfaat dari informalitas tanpa merugikan kepentingan pihak lain.

Capture.PNG
Branding Kurasi-08.png
bottom of page