KTNTM (1).png
KOTANATOMI berfokus pada sektor ekonomi informal perkotaan di ruang publik, termasuk di dalamnya upaya perumusan kebijakan, pendekatan, dan strategi baru untuk
sektor informal yang khas Jakarta.
logo kotanatomi-01.png

Apa itu KOTANATOMI ?

KOTANATOMI adalah sebuah metode penelitian yang berfokus pada sektor informal di ruang publik, dengan tujuan untuk meningkatkan pengalaman perkotaan secara menyeluruh. Dasar metodologi ini adalah pengakuan mengenai pentingnya sektor informal dalam kehidupan jutaan warga Jakarta, baik sebagai pelaku usaha maupun konsumen, dan perumusan strategi baru yang khas Jakarta berdasarkan pengetahuan perkotaan secara menyeluruh.

 

Dalam penelitian ini, Rame-Rame Jakarta melakukan identifikasi mengenai karakteristik, bentuk, dan strategi adaptasi sektor informal yang terus bergerak mengikuti aktivitas perkotaan yang dinamis.

Kerangka KOTANATOMI

KOTATATOMI adalah inisiatif yang terus berkembang untuk mengakomodasi jutaan usaha informal di Jakarta dalam kerangka tata ruang dan perencanaan kota. Metodologi ini terus disempurnakan melalui eksperimen dan analisis data primer dari arsip KOTANATOMI serta dialog dengan institusi akademik, praktisi, maupun badan pemerintah.

 

Baca detail kerangka KOTANATOMI terbaru di sini.

7-terpal.png
GIFPUTIH.gif

Metodologi penelitian informalitas KOTANATOMI fase 1 digunakan dalam studi awal di Koridor Jalan Wahid Hasyim (WHC), sebuah koridor transit di Jakarta Pusat yang sangat strategis. Lokasi ini dipilih untuk menunjukkan metodologi KOTANATOMI sebagai sebuah alat untuk memaksimalkan penggunaan ruang publik di kota.

Selain keberadaan banyak pejalan kaki, aktivitas kota di kawasan WHC ini juga sangat beragam: mulai dari perkantoran, perindustrian, pemerintahan, dan lain-lain. Dari beragam aktivitas yang ada, banyak ditemukan fenomena informal dan interaksi antara satu sama lain. Hasil dari pemetaan kegiatan informal di sepanjang WHC ini jelas menunjukkan informalitas kota Jakarta yang dinamis, dan kebutuhan pendekatan perencanaan baru untuk dapat mengakomodasinya. 

Data KOTANATOMI

Akses Data yang Terbuka

Dalam penelitian KOTANATOMI fase 1, kami melakukan survei langsung untuk memetakan pelaku ekonomi informal di sepanjang jalan Koridor Wahid Hasyim (Wahid Hasyim Corridor / WHC).

Keseluruhan dataset KOTANATOMI WHC yang terdiri dari arsip video, peta, serta lembar excel datapoint tersedia gratis. Selain itu, data yang tersedia juga dilengkapi dengan manual/petunjuk pengunaan data, serangkaian laporan mengenai penjelasan metodologi penelitian, serta laporan lengkap dari analisis awal kami.

Data deskriptif terkait analisis awal penelitian dapat diakses melalui Google Data Studio berikut ini.

Data deskriptif terkait analisis awal penelitian KOTANATOMI

Arsip KOTANATOMI

Tujuan dari proyek KOTANATOMI adalah menyediakan platform untuk interaksi yang lebih luas terkait persoalan informalitas masa kini antara akademisi, lembaga negara, perencana kota, dan juga masyarakat luas. 

Arsip KOTANATOMI yang terdiri dari video, peta, serta lembar excel datapoint tersedia gratis dan terbuka untuk umum. Selain itu, data yang tersedia juga dilengkapi dengan manual/petunjuk penggunaan data, serangkaian laporan yang menjelaskan metodologi penelitian, serta laporan lengkap dari analisis awal kami.

Laporan Pendahuluan:
Memahami KOTANATOMI

Kotanatomi 1 (IND): Sebuah Kerangka Kerja untuk Penelitian Informalitas

Kotanatomi 1 (ENG): A Framework for Informality Research

Kotanatomi 2 (IND): Tipologi Usaha Informal & Kebijakan Perkotaan

Kotanatomi 2 (ENG): Informal Enterprise Typologies and Urban Policy

Kotanatomi 3 (IND): Mengakomodasi Kota Informal

Kotanatomi 3 (ENG): Accomodating informal cities

 

Arsip Materi:
Data, Peta & Video KOTANATOMI WHC 

Tertarik untuk melakukan penelitian atau investigasi sendiri tentang informalitas dan kegiatan lain di ruang publik Jakarta? Arsip materi KOTANATOMI dapat diakses secara publik agar kita semua bisa lebih memahami informalitas bersama! **

** akses & penggunaan Arsip KOTANATOMI diperbolehkan secara Open Database License. Hak apapun dalam setiap konten database dilisensikan di bawah Database Contents License.

ODF.PNG

Mulai belajar arsip publik 
KOTANATOMI di sini! 

Capture.PNG

Laporan Analisa:
Informalitas di Ruang Publik WHC

Laporan Magang 1: Faktor-Faktor yang Memengaruhi Komposisi Sektor Informal

Laporan Magang 2: Peran Sektor Informal Perkotaan Terhadap Peningkatkan Keberadaan Orang di Wahid Hasyim Corridor

Laporan Magang 3: Hubungan Antara Sektor Informal dan Jumlah Orang di Koridor Wahid Hasyim