Karbela header.JPG

KARBELA

Karet Belakang, bahasa gaul dan populernya disingkat menjadi Karbela, adalah dunia yang tersembunyi di balik gedung-gedung tinggi koridor bisnis Sudirman-Kuningan-Kasablanka.

Mengapa mereka menamainya “belakang”? Mana yang “depan”? 

Main imgage.png

Di dalam kawasan strategis dan padat penduduk ini, terdapat puluhan jalan tikus yang hanya diketahui penduduk lokal atau tukang ojek berpengalaman.

 

Tepat di tengah kawasan terdapat Pasar Mencos yang menjadi jantung ekonomi sektor informal, khususnya ratusan warteg, pedagang eceran dan gerobak makanan yang beroperasi setiap hari di batas antara kampung dengan perkantoran, melayani kebutuhan pangan, sandang dan papan bagi ribuan pekerja, pelaju maupun anak kos yang menyebut kawasan Karet ini sebagai rumah sementara di dalam kota Jakarta.

 

Segala sesuatunya nampak berjalan baik-baik saja, hingga pandemi COVID-19 memporakporandakan semua tatanan sosial ekonomi yang ada.

 

Apakah di kawasan ini akan tercipta keseimbangan dan stabilitas sosial-ekonomi yang baru? Mana yang lebih mampu bertahan, ekonomi formal atau justru ekonomi serabut?

Cerita & Cita dari

KARBELA

CERITA GANG 'Z'

gang z.jpg

Sebuah cerita komunitas warga Jakarta dan perjuangannya untuk hak penggunaan ruang kota. Pusatnya adalah sebuah gang kecil di kawasan Karet yang memiliki status guna tanah tidak jelas.

Kisah ini bisa dibaca di halaman
CERITA - cari aja tema 'gang z'

ADAPTASI KARET BARU

Penelitian Karet.jpg

Selama masa Pandemi COVID-19, pola kegiatan kota Jakarta sangat berubah. Lebih banyak orang WFH (kerja di rumah aja), menetap di kawasan hunian atau di pinggir kota.

Dalam kondisi seperti ini, gimana dengan dampak pada komunitas di pusat kota yang mengandalkan keberadaan pekerja kantor? Apakah simbiosis antara formal dan informal bisa bertahan dari gangguan besar ini? Ini tantangan adaptasi kebiasaan baru di Karet.

WAWANCARA

yana_gado_gado_lonto_I7WjA.jpg

Selama lima tahun ke belakang kami banyak mengobrol dan melakukan wawancara kepada para pejuang ekonomi serabut di kawasan Karbela untuk lebih memahami isu informalitas perkotaan. 

 

Kisah perjuangan mereka bisa dibaca lebih lanjut di halaman CERITA, cari aja tema 'Karbela'

THE GANG WALKER

DSC_0004.JPG

Kami mengajak masyarakat untuk ikut menelusuri perjalanan para jagoan kota di Karbela. Kalau kalian penasaran dengan apa yang ada di balik gedung-gedung tinggi, THE GANG WALKER adalah kesempatan untuk jelajahi gang-gang kecil dan melihat jaringan ekonomi serabut secara langsung!

karet.PNG
Laporan dari

KARBELA

Pada proyek Karbela, penelitian RRJ berfokus pada interaksi & simbiosis antara sektor formal dan sektor informal di pusat kota. Laporan & Data tersebut bisa dibaca dari tautan di bawah ini dalam format PDF​.
Laporan versi Bahasa Indonesia

Laporan 1: Makan dan Minum di Pusat Kota

Laporan 2: Sewa dan Mobilitas di Megakota

Laporan 3: Ekonomi Serabut di Karbela

Laporan versi Bahasa Inggris

Report 2: Rent and Mobility in the Megacity

Report 3: The Karet Roots Economy

Report 1: Eating & Drinking in the City Center

Data Mentah Penelitian

Data Mentah 1 - Makanan & Minuman Formal

Data Mentah 2 - Makanan & Minuman Pedagang

Data Mentah 3 - Tempat Sewa Formal

Data Mentah 4 - Tempat Sewa Informal