Bang Arif - Penjual Bantal Keliling

Diperbarui: 18 Sep 2021


Orang-orang yang datang ke Jakarta untuk mencari pekerjaan, umumnya akan mencari pekerjaan pada sektor informal. Mengapa? Karena lapangan pekerjaan sektor formal masih terbatas. Seperti yang dibahas dalam Apa itu Informal? Usaha Informal cenderung berskala kecil, tidak berbadan hukum dan lebih fleksibel.


Bang Arif salah satu contohnya, datang dari Purbalingga ke Jakarta untuk kerja di proyek konstruksi seperti membuat apartemen baru juga rusun. Keluarganya pun masih di Purbalingga. Namun, sejak pandemi melanda, pekerjaan di konstruksi proyek makin susah sehingga Bang Arif banting stir menjadi Penjual Bantal Keliling.


Yuk simak obrolan singkat Rame Rame Jakarta dengan Bang Arif!


Selamat siang Bang, lagi istirahat ya?

Iya, lagi panas banget nih. Bentar aja dulu.


Bantalnya buat dijual atau dibawa aja ke mana?

Dijual ini, 25k.


Jadi gimana jualannya selama pandemi ini?

Saya baru mulai jualan begini pas awal pandemi karena susah cari kerjaan lain. Dulu saya kerja di proyek konstruksi gitu, tapi ya ga bisa sekarang dapat lowongannya. Jadi mulai begini aja.


Oh gitu ya, jadi pendapatannya lebih stabil ya dari ini?

Enggak juga ya, paling 1 atau 2 biji per hari dijual, paling bagus dapat 3. Cukup sering ga ada yang mau beli juga, tapi ga ada pilihan lain. Manatau ppkm ini mau selesai kapan ya, saya ga bisa nunggu kondisi ekonomi kembali normal.


Jadi ngaruh ya dampak pandemi?

Baru-baru ini makin susah ya karena banyak orang ga mau keluar rumah, terutama orang tua atau yang baru lahiran. Sering itu yang mau beli dari saya.


Jadi Bang Arif beli bantal dulu, baru mulai jualan gitu?

Enggak, saya ga beli, tapi dapat dulu dari teman saya gitu, saya jualin aja.

Kalau maunya jual paling satu biji per hari, berarti harus jalan jauh ya untuk cari lokasi baru?

Betul. Saya bisa jalan 4km per hari lebih ya, keliling Jakarta Selatan kayak gini. Saya selalu coba cari jalan yang beda juga, misalnya lewat dalam kampung atau di pinggir jalan besar. Hari ini saya sudah jalan dari Pancoran ke Jatinegara.


Bang Arif asli dari Jakarta selatan berarti?

Bukan. Saya asal Purbalingga. Keluarga saya masih di sana, tapi enggak ada kerjaan buat saya, jadi tinggal di Jakarta aja.


Oke Bang, makasih ya ngobrol dulu. Hati-hati di jalan.

Iya, sama-sama.


12 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua