Bang Hamda - Penjual Kambing

Bang Hamda menjaga hewan kurban di Pekojan

Halo bang, udah berapa lama jualan disini ?

Saye sih udah turunan ke sepuluh dimari mas, dari kakek saya. Sama ade saya juga jualan di sini


Tinggal dimana bang ?

Dulunya tinggal di belakang sini, abis itu pindah. Tapi kalo kios mah tetep. Biar dikata, mau jauh kemane juga bakal tetep pulang kemari. Ga bakal dijual ini kiosnya


Kalo jualan disini, pernah ada isu penggusuran gak ?

Kemaren ada lah waktu itu sempet mau di alokasi, mau dipindahin. Tapi tempatnya kaga sesuai kayak di sini. Di kapuk sana tempatnya. Jadinya kita sebrang sebrangan sama babi di situ. Ga mau juga kita. Ya tumpah darah kita di sini,jadi teteplah kita usahain tetep di sini


Kalo, Kambingnya dapet darimana bang ?

Kambingnya dapet dari Wonosobo


Disini jual kambing potong aja, atau ada olahannya juga ?

Disini jual olahannya juga. Bisa jadi sate, nasi kebuli.


Tapi rumah makannya gak ada ya ?

Gak ada, cuma kalo ada pesenan aja kita bisa bikinin.


Nah, kalau jual kambing gini kan perlu pakannya, dapet pakan kambingnya darimana ?

Oh itu ada yang tukang aritnya, harganya 20 ribuan, kita beli dari dia. Tapi dia dapet darimana rumputnya itu Wallahu A’lam.


Kalo lagi Idul Adha gini, gimana, sama juga ?

Lebih ekstra, misal biasanya dua iket, bisa lebih kalo lagi Idul Adha.


Buat kambing, sehari biasa jual berapa kambing ?

Kalo buat motong gitu tergantung ramenya, sehari bisa sekitar 15-20 ekor.


Idul Adha lebih banyak ?

Itu tergantung juga, perbandingannya gini lah, kalo sehari-dua hari bisa 20ekor-an, buat dagang ke tukang sate. Kalau Idul Adha bisa 70-80 ekor.


Kalau hari biasa, omsetnya berapa kalo boleh tau ?

Kira-kira minimal bersihnya bisa lah 15 jutaan. Tapi kan disini ada karyawan juga.


Ada berapa karyawannya disini ?

Disini kita pake 4 orang, sama adek saya juga.


4 orang sama abang ?

Kalau saya gimana ya, ya cuma gini gini aja ngontrol semuanya. Tapi dulu saya juga kerja dulu awal seperti ini. Pas orang tua meninggal, saya baru nerusin.


Jadi, ini ngewarisin dari orang tua ya ?

Iya, keluarga aja lah semuanya. Paling tukang potong aja nyuruh orang lain.


Jadi, ini bukan usaha cari uang aja ya, tapi usaha keluarga juga ?

Iya, Jadi emang udah tradisi


Kalo pas lagi Idul Adha gini, peningkatan omsetnya berapa bang ?

Kalau lagi gini, ya naik 70% kali ya. Sampe ke hari H ( Idul Adha). Kalau hari biasa, dalam seminggu kan belom tentu jual tiap hari. Kalau lagi gini, sehari ada ajalah yang kejual.


Kalo abis sholat Ied masih ada yang beli ?

Wah, malah tambah rame. Kan 3 hari masih boleh motong, Senin, Selasa, Rabu, sampe kamis ashar.


Itu yang beli abis sholat Ied pelanggan ?

Bukan, kalo yang langganan malah udah dari jauh-jauh hari.


0 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua