Bu Tri - Kios Rujak Ulek Serut

Diperbarui: 18 Sep 2021


Salah satu yang bikin usaha informal jadi favorite diantaranya karena harga yang lebih terjangkau dan porsinya yang banyak. Usaha informal juga biasanya sudah memiliki pelanggannya masing-masing. Lalu bagaimana setelah pandemi dan PPKM ini?


Bu Tri, Pedagang Rujak Ulek Serut di Jatinegara merasakan banget dampak dari pandemi yang sudah berlangsung lama ini. Dibantu suaminya yang makin sulit cari kerjaan konstruksi, Bu Tri masih berdagang Rujak Ulek Serut demi memenuhi kebutuhan ekonominya. Porsi yang ditawarkan juga luar biasa besarnya, cukup untuk 3-4 orang dengan harga yang ramah di kantong! Tapi, meskipun begitu jualannya tetap saja susah.


Kami ngobrol bareng Bu Tri tentang jualan rujak setelah satu tahun lebih bersama pandemi.


Halo Bu, udah berapa lama jual Rujak begini?

Udah 7 tahunan sih, lama.


Dari awal di sini Juga?

Di Jatinegara? Iya, saya kesini karena cari jalan yang lebih rame, biar laku gitu. Saya tinggal di Jakarta Utara, Tanjung Priok, tapi ga banyak orang sana yang mau beli.


Harga rujaknya berapa bu satu porsi?

Rujaknya 15ribu, bisa serut atau potong. Yang potong lebih berat, pake ubi mentah, lebih pedas juga. Kalo maunya lebih seger ya yang serut aja. Panas begini lebih banyak orang mau beli serut gitu.


Jadi masih banyak orang yang beli, bu? Di masa pandemi begini?

Enggak lah! Dikit banget. Makin lama pandemi makin susah kita semua. Udah hilang 80% lebih pendapatannya. Kan Jatinegara sempat ditutup 1 bulan penuh gitu, baru aja buka lagi. Pendapatan saya hampir nol selama itu. Gimana sih bertahan hidup?


Terus Pasar sudah kembali buka normal belum?

Apa normalnya? Normal kayak sebelum covid itu ga mungkin. Kan warga kampung lagi susah semua, banyak yang ga bisa cari kerja, kena PHK atau gimana. Tiap perusahan yang ga buka kan ada pegawai, pegawai ada anak, ada istri. Satu keluarga itu 5 konsumen buat saya, hilang semua.


Jadi orang-orang sekarang susah beli rujak ya maksudnya, bu?

Emang susah kali. Uang untuk jajan udah enggak ada, disimpan aja buat beli beras, obat, buku sekolah anak kan? Kalo ada yang mau beli buah ya, kita lagi depan pasar yang gede banget, lebih murah di dalam. Kalo rujak ini lebih mahal, ya itu uang saya selisihnya. Biasanya makan rujak kan bareng-bareng gitu, tapi kalo di rumah aja mending beli buah terus bikin rujak sendiri.


Jadi mungkin kami promosikan ya bu, kalo orang bisa beli di gofood atau gimana?

Ada di Gofood ya, cari saja RUJAK ULEK SERUT JATINEGARA atau telpon langsung, nomernya 082112073747.


Oke, Bu, semoga laris ya!

Amiin, hati-hati ya.


11 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua