Bu Tumiati - Warung Kopi

Diperbarui: 18 Sep 2021

Bu Tumiati merupakan sebuah aktor penting dalam jaringan transportasi di kawasan stasiun manggarai, melayani penumpang kereta, ojek online dan pegawai stasiun juga

Halo bu, udah berapa lama buka warung makan disini ?

Sudah sekitar 3 tahunan.


Bukanya dari jam berapa bu ?

Saya buka dari jam 6 pagi - 11 malem, dan saya buka hampir tiap hari. Kalau cape saya tutup jam 10.


Ibu tinggalnya disini juga ?

Iya saya nyewa disini, dan tinggal disini juga bareng suami dan keluarga anak saya yang perempuan. Tapi, saya asli dari Madiun disana masih ada rumah anak saya yang bungsu disana juga.


Kenapa pilih usaha ini dan sewa disini bu ?

Soalnya usaha saya di kampung udah sepi, tapi saya tetep mau kerja, ga mau berhenti. Masih cari biaya sekolah juga untuk anak yang terakhir. Saya mikir jangan menyerah kalau buat cari rejeki. Terus anak saya yang satu lagi dulu tinggal di kampung daerah sini juga, jadi dia usul buat buka warung makan disini.


Pendapatan nya gimana bu ?

Iya lumayan banget mbak untungannya, bisa buat biaya STM anak saya yang di kampung. Sama kasih jajan cucu saya juga yang disini.


Ibu beli bahan baku (kulakan) biasanya dimana bu?

Saya suka beli di pasar yang agak jauhan dari sini. Naik angkot kesananya. Soalnya kalo di dekat sini bahannya kurang komplit.


Pelanggannya sehari kira-kira berapa ?

Wah kalau itu saya ga ngitungin, tapi banyak yang kesini buat makan sama minum


Banyak sopir online ya ?

Ga cuma ojol dan yang sopir mobil online, tapi emang banyak ojol yang nongkrong disini. Banyak juga karyawan-karyawan yang kerja di stasiun beli makan disini, tapi biasanya mereka ga mau makan di tempat, di bungkus makanannya.


Kalau untuk nge-charge handphone ada biayanya juga disini ?

Ada, sebulan sekali saya minta ke sopir-sopir online yang tiap hari disini Rp10.000,-. Tapi, ga semuanya bayar sih, tapi saya biarin aja, anggep aja saya ngebantuin. Saya juga mikir kalau nanti anak saya butuh bantuan tapi ga ada yang nolongin gimana, jadi saya ngelakuin itu biar anak saya ada yang nolong juga. Jadi yaudah, gapapa.


Terakhir, apa rekomendasikan untuk rencana pembangunan manggarai, bu ?

Ya kalau bisa pemerintah ngebantu usaha usaha kecil kayak saya dan yang lain. Dibikinin tempat yang rapih dan aman, jadi bisa tetep jualan dan ojol juga masih bisa nongkrong.


Terima kasih buat waktunya bu.

Iya, sama-sama ya.



3 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua