Informal Jaman Now - Sewa Akun Zoom

Diperbarui: 18 Sep 2021


Minggu ini kami sempat ngobrol sama seorang pengusaha. Kita sebut saja dia Mawar, yang kepikiran untuk nyari penghasilan tambahan dari menyewakan ruangan rapat virtual Zoom, dan ternyata hasilnya lumayan...

1. Mulai sejak kapan? Dan gmn awalnya? Apakah ada temen yg mulai duluan,atau karena browsing dan kepikiran ambil peluang ini?

Mulai Nov 2020. Sejak diterapkan WFH mau tidak mau pertemuan dengan teman kantor atau customer dilakukan via online.

Salah satu aplikasi meeting online yang populer yaitu zoom, dipakai karena cara pakai yang sangat mudah.


Dari obrolan teman teman di grup kantor, alumni sekolah atau komunitas, mereka mengungkapkan salah satu kendalanya yaitu akses free yg hanya 40 menit. Sering ditengah meeting tidak terasa waktu yg cepat berlalu. Untuk upgrade ke versi berbayar banyak yang merasa sayang karena misal meeting hanya perlu beberapa kali saja dalam sebulan, sedangkan ongkos berlangganan cukup mahal, dimulai dari puluhan sampai ratusan US$ tergantung dari kapasitas dan fitur yang dipakai.


Dari sini saya kepikiran untuk memcoba langganan 1 akun zoom berbayar dan disewakan ke teman teman yang membutuhkan meeting online untuk beberapa saat saja. Saya lalu membuat skema paket zoom untuk penyewaan yang terbagi atas jumlah peserta dan fitur zoom yang dibutuhkan.


2. Siapa yang jadi pelanggan (penyewa ruang)? Dan untuk kegiatan apa?

Pelanggan pertama berasal dari teman teman alumni sekolah, dipakai untuk acara meeting, arisan, pengajian dan temu kangen lainnya.

Lama kelamaan dari mulut ke mulut info penyewaan ini makin menyebar, dipakai juga oleh beberapa sekolah untuk sistem pembelajaran dan kantor / instansi untuk pertemuan meeting dinas.


Pernah search di aplikasi e commerce online seperti tokopedia dan bukalapak ada juga ternyata yg menyewakan zoom, lalu saya ikut posting tentang rental zoom ini. Dari aplikasi itu ada beberapa lagi user yang sering menyewa. Namun aplikasi e commerce tersebut ternyata melarang penjualan barang tanpa bentuk fisik. Jadi postingan saya selalu dihapus sampai saat ini tidak pernah posting kembali takut akun saya dibanned permanen



3. Berapa penghasilan bulanan rata-rata dari usaha ini ?

Saat ini saya punya 6 akun zoom untuk disewakan dengan pilihan jumlah peserta dan fitur zoom yang diperlukan. Jumlah fee yang harus dibayar berkisar sekitar 1.5 jt per bulan , namun alhamdulillah sampai saat ini tertutup oleh penerimaan sewa tiap bulan. Laba bersih sekitar 3 sd 4 juta per bulan.

Mungkin ini bukan penghasilan yang "wah" namun proses ini masih terus berkembang. Semoga kedepannya tambah laris lagi.


Oke, terima kasih ya, sukses terus!


16 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua