Mas Adi - Starling

Diperbarui: 18 Sep 2021

Mas Adi ada banyak teman lain asal dari pulau Madura yang juga jual kopi sambil bersepeda.

Selamat malam Mas, sudah berapa lama berdagang minuman seperti ini?

Ya, udah lama sih, sejak pas datang di Jakarta. Kurang-lebih 7 tahun.


Pernah dengar istilah ‘Starling’ gak? Maksudnya ‘Starbucks keliling.’

Belum dengar, biasanya ‘tukang kopi aja,’ tapi bagus banget itu.


Jadi kenapa mau menjadi tukang kopi Mas?

Banyak temen saya sudah menjual kopi dengan bersepeda, dan pendapatannya oke sih. Ada komunitas ratusan orang di Jakarta, orang Madura semua.


Kenapa bergabung dengan komunitas Mas?

Kalo ada masalah kayak pencurian, atau kalo menabrak kendaraan, kami bisa minta bantuan orang komunitas. Kami bisa beli stok dari agen di Tanah Abang juga, tapi ada anggota di sini, di Thamrin City dan Karet.


Dan ada wilayah tetap gak?

Ya kalo kami selalu di jalan ini (Jl. Kebon sirih raya) karena selalu rame. Ada banyak orang jalan ke kantor, atau ke monas pas siang, dan kalo malam ada sopir gojek, bajaj dan petugas keamanan. Bahkan kalo hujan kami nongkrong di halte bus, jadi ada pelanggan kopi yang nunggu hujan reda.


Jadi gimana dengan keuntungan?

Gak tentu sih, tapi lumayan. Kalo kami rame bisa dapat keuntungan kotor 400.000/hari.


Kalo semuanya orang Madura kalian pulang kampung bareng pas lebaran?

Ya bener. Ada bus charter langsung dari Jakarta ke Madura. Perjalanannya makan waktu satu hari satu malam.


Oke mas, terimakasih. Sukses ya.

Iya, sama-sama.

6 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua