Mas Erwan - Ojek Payung

Diperbarui: 18 Sep 2021

Enggak ada banyak orang yang mau naik ojek kalo hujan deras, tapi untungnya buat mas Erwan ada yang mau dianterin ojek payung!

Halo Mas, kenapa mau menjadi Ojek Payung?

Ya, saya jadi Ojek Payung sejak kecil. Kalo tidak lagi hujan saya ngojek online, tapi selama hujan kayak gini ga ada penumpang, jadi saya mangkal di sekitar Plaza Indonesia dan Grand Indonesia pake payung.


Kenapa milih mangkal di sini mas?

Karena tidak jauh dari rumah. Saya tinggal di kampung belakang, di Kebun Kacang. Payungnya ditinggalin di situ.


Ada komunitas atau perkumpulan ojek payung di wilayahnya mas ga?

Tidak ada, tapi biasanya ada antrian orang setempat yang mau menjadi ojek payung, untuk sewakan payung-payungnya.


Berapa tarif atau biaya layanannya mas?

Tergantung orangnya sih. Kalo ada orang baik saya bisa dapat 50 ribuan, tapi ada sebagian yang cuman ngasih 5 ribu juga. Rata-rata pendapatannya 10-20 ribu. Biasanya anak-anak kecil dapat lebih banyak dari dewasa, contohnya kalo saya dapat 20 ribu, anak kecil bisa dapat 30 ribu atau 40 ribu, mungkin karena mereka lebih lucu, kan?


Jadi, keuntungannya lebih tinggi dari ngojek ga?

Keuntungannya bisa tinggi, bisa turun juga, tapi rezeki; pas dapat orang baik, bagus. kalo ga? Ya, mungkin kami tidak ada keuntunggan. Kami bayar sewa sih ?, biasanya 15 ribu per hari, tapi tergantung pendapatannya juga.


Apakah ada batas wilayah sampe dimana bawain payung untuk penumpang?

Ya, saya cuman mangkal di sini, dan ga pernah ada yang mau terlalu jauh. Biasanya saya antar dari PI/GI ke gedung parkir, atau tempat jemput mobil online. Ada sih yang minta di antar agak jauh, seperti ke Sarinah, tapi saya tidak mau sejauh itu karena mungkin mereka tidak mau ngasih banyak.


Gimana mas taunya kalo akan datang hujan?

Ya kami lihat cuaca aja, atau mungkin ada info dari teman-teman ojek online atau instagram. Pas musim hujan kami lebih siap; payung2nya dititipkan ke pedagang sekitar sini.


Ada suka duka ojek payung mas?

Ya ada. Ini kesempatan kerjaan kami kalo tidak ada calon penumpang ojek, tapi kadang-kadang kami sebal karena ga bisa masuk lobi mal itu. Kami harus nunggu di luar, pas hujan, kecuali udah dapat penumpang. Kalo antar orang kami boleh masuk. Ada temen yang jadi sakit, masuk angin, karena udah lama nunggu kayak itu, tapi saya tidak pernah.


Terima kasih atas waktunya ya mas.

Ya sama-sama. Semoga berita Anda jadi rame ya.

171 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua