Mba Widya

Diperbarui: 18 Sep 2021

Majoritas sopir ojol adalah laki-laki, tapi kemungkinan besar kamu pernah liahat ojol perempuan juga. Mba Widaya ikuti komunitas ojol di kawasan manggarai untuk membantu dia saat kesusahan.

Sebelum jadi ojol, kerjanya apa mbak?

Dulu nggak kerja, yang kerja suami. Tapi setelah suami meninggal saya ngojol.


Kenapa mbak pilih kerja jadi ojol mbak?

Karena waktunya bisa buat anak. Ini ngimbangin waktu dengan anak, dan setelah suami meninggal saya harus bisa cari duit sendiri.


Seberapa sering mangkal di Manggarai? Dan kenapa pilih Manggarai?

Iya, sering mangkal disini, karena rame sehingga banyak orderannya apalagi kalau siang hari. Kalau pagi saya mangkalnya di Cikini, tapi kalo siang di Manggarai sampe jam 2 aja, trus lanjut lagi ngambil orderan jam 4 s.d 6 sore, itu klo nembus poinnya ya. Klo sampai dengan jam 6 sore belum nembus poin, saya lanjut narik sampe jam 8 malam. Klo misal sampai dengan jam 8 malam belum nembus juga poinnya, ya saya tetep pulang di jalm 8 itu.


Tempat mangkal favorit mbak klo lagi di Stasiun Manggarai dimana mbak?

Saya suka mangkal disini*. Saya gabung salah satu komunitas ojol disini.


*(tempat pinggir jalan yang biasanya dipake para ojol yang tergabung dalam salah satu komunitas/tempat mangkal komunitas ojol tertentu, posisi yang dimaksud adalah di pinggir jalan)


Suka dan duka jadi ojol apa mbak?

Dukanya... klo di jalan ban sepeda motor bocor, ya sedirian. Tapi saya bersyukur karena saya cewek selalu ada kok yang datang bantuin.

Sukanya... punya banyak temen disini, banyak kenalan baru.


Bagaimana dengan perilaku penumpangnya?

Rata-rata mereka baik sih, yang laki-laki juga pada sopan


Pada mulanya bagaimana mbak bisa memutuskan menjadi ojol?Ada keraguankah?

Awalnya sih saya maunya jadi SPG, tapi kan SPG waktunya susah bagi sama anak. Anak saya masih kecil, masih 5 tahun, selama saya kerja ngojol, anak saya titipkan ke nyokap. Yasudah saya jadi ojol aja, lagian nyari duitnya juga lumayan gampang.


Berapa pendapatan perhari yang bisa didapat mbak?

Klo pas lagi rame, saya bisa dapat 250 ribu dan setelah dikurangi makan sama bensin, jadinya saya bisa bawa pulang ke rumah 150 ribu. Itupun belum kalo ada apa-apa ya di jalan kek ban bocor.


Bagaimana klo ada tawaran pekerjaan lain, apakah mbak akan mengambilnya?

Klo ada tawaran pekerjaan lain yang lebih baik, ya pasti saya ambil. Ngojolnya tetep lanjut klo masih ada waktu, jadi ngojol bisa buat sampingan.


Apakah ada saran mbak terhadap pembangunan Stasiun Manggarai?

Agak dibikin legaan dikit. Jalan di Manggarai kan sempit dan banyak yang markir, jadi yang pada lewat suka pada nglakson. Jadi diluasin dikitlah jalannya.


Baik mbak terimakasih atas waktunya.


1 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua