Pak Asep - Kios Bendera

Diperbarui: 18 Sep 2021

Pak Asep ada banyak kerja yang beda-beda, tapi setiap bulang Agustus dia pasti ke Jakarta untuk jual dekorasi merah-putih!

Udah berapa lama di sini pak?

Jual merah putih? Saya setiap tahun di sini sejak tahun 2008, biasanya kami mulai penjualan satu bulan sebelum hari kemerdekaan.


Usaha jual bendera kayak gini ga setiap hari kan pak? biasannya bapak kerja apa ?

Saya serabutan aja; sopir angkot, dagang di pasar atau lain-lain. Kadang saya dagang semen. Temen-temen saya yang lain juga begitu.


Artinya, kalau setelah hari 17an pak, gimana dengan sisanya?

Tentu sisanya disimpan sama kawan-kawannya; kita desain lain lagi dua tahun sekali.


Jadi materinya dari berbagi macam orang ya pak?

Ya betul. Penjual ada group namanya ‘laskar merah putih’ untuk menyambut hari kemerdekaan, usaha dan benderanya. Ada sebagian yang mau sendiri juga, banyak dari Cirebon mengusaha segini.


Semuanya menjual di Jakarta pak ?

biasanya di Jakarta, tapi ada yang di bogor, tangerang dan lain-lain juga.


Keuntungannya dari usaha ini lebih bagus dari yang biasa pak? Atau sama aja?

Ya sama aja sih, kita bawa semangat aja; pasang nasionalisme itu - Lebih meriah lagi!


Kalau usaha kayak gini, ebih enak dari narik angkot juga kan ?

Ya bener-bener! Ada musik, ada bendera; mungkin kalau orang melihat bikin meriah itu - kita keluarga kemerdekaan, kita bahagia! Ya seperti itu.


Terima kasih banyak bapak.


1 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua