Pak Dedi - Gelaran Taplak Musiman

Diperbarui: 14 Feb

Menjelang perayaan hari besar, akan banyak bermunculan ‘pedagang musiman’. Pedagang yang ada di waktu tertentu aja. Salah satunya pas dekat dengan Imlek begini, di Petak Sembilan contohnya, banyak sekali pedagang yang menjual pernak pernik Imlek dan perlengkapan lain. Salah satu pedagang musimannya ada yang jual taplak dengan corak merah-merah khas Imlek.


Halo Pak, bagus-bagus ya warna taplaknya, ini mulai dari jam berapa dagang taplaknya?

Iya ini, dagang dari pagi saya di sini.


Sehari-harinya emang jualan taplak ya pak?

Oh enggak, ini kalau ada hari lebaran aja. Lebarannya muslim, terus Imlek kaya sekarang ini.


Biasanya Bapak jualan apa dong?

Kalau sehari-hari sih jualan perabotan rumah tangga.


Kenapa Pak Dedi milih nambah jualan hanya untuk hari raya?

Karena kalo jual taplak ini dan enggak habis masih bisa buat lain waktu sampai tahun depan juga bisa. Ini kan motifnya umum, gak ada shio-nya kaya baju misal jadi gak ada rugi. Kalau ada shio-nya gak bisa dijual lagi tahun depan.



Sudah berapa lama Pak berdagang?

Udah lama, ada 15 tahunan lah.


Sudah banyak yang laku Pak?

Belum mba, ini sepi sekarang semenjak pandemi.


Beda ya Pak sama tahun kemarin?

Beda banget, ada kali turun 70%. Biasanya seminggu juga udah habis, ini sampai tinggal H-4 Imlek belum laku banyak.


Ini taplaknya ngambil dari mana Pak?

Wah ini beli sendiri mba di pasar pagi, modal sendiri, ini jual sendiri. Enak mah kalau tinggal ambil terus jual.


Bapak asal mana? Ini nanti sampai jam berapa Pak?

Saya asal Kuningan, paling dagang sampai jam 6 sore, tapi kalau udah deket hari-H kadang sampai malam. Saya ngekos itu deket sini, di Pengapuran jadi pulangnya deket, naik bus aja bisa.


Oh, oke Pak semoga cepet laku ya Pak taplaknya, sehat selalu!

Ya sama-sama, terima kasih.


13 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua