Pak Didi - Sopir Qute (Bajaj Baru)

Diperbarui: 18 Sep 2021

Qute adalah semacam transportasi yang relatif baru di Jakarta, tapi buat sopirnya masih ada cukup banyak tantangan.

Bapak berangkat untuk mulai kerja jam berapa Pak?

Saya dari rumah jam 04.30 WIB narik jam 06.00 s.d 18.00 WIB. Rumah anak juga ada di Jakarta di stasiun Kota. Klo lagi malas pulang ke Depok, saya nginep di rumah anak. Saya pulang pergi depok naik KRL, Qute saya titipkan di tanah kosong dekat LBH Cikini. Tiap hari ngasih Rp 5 rb.


Sudah berapa lama Pak narik Bajaj Qute?

Klo narik Qute belum lama baru setahun. Peluncuran Qute juga belum lama, pertama muncul di Stasiun Kota, sebelum narik Qute itu saya narik Bemo yang roda tiga. Bemo untuk sekarang betul-betul tidak diperbolehkan beroperasi dengan alasan Bemo sudah terlalu tua. Umur Bemo sudah hampir 60 tahun. Bemo lahirnya tahun 1962, pada saat Asian Games yang pertama di Indonesia, masih jaman Presiden Bung Karno. Nah klo Qute ini ya kira-kira baru setahun. Bemo itu sebenarnya masih diperbolehkan jalan di jalan umum, cuma tidak diperbolehkan beroperasi buat narik penumpang.


Bagaimana Bapak memperoleh Bajaj Qute-nya?

Qute dari Pengusaha swasta yang menjual kepada kita dengan cara angsur tiap bulan, bayar dengan DP Rp. 10 Juta, Rp. 2.800 per 3 tahun dan Bemo kita yang lama diambil. Karena Bemo sudah tidak boleh beroperasi (untuk mengangkut penumpang) dan agar anak anak tidak nganggur diberikan penggantinya Qute. Tapi Qute penumpangnya berkurang daripada Bemo, Bemo kan bisa angkut tujuh sampai delapan penumpang ditambah supir, klo Qute berlima dengan supir.


Bagaimana dengan wilayah operasinya Pak?

Ini kayak taksi non trayek, jadi kemana aja bisa cuman mengisi trayek yang dulunya Bemo. Tapi klo si konsumen mau dianter kemana-mana aja itu boleh.


Rata-rata siapa yang menjadi konsumen Qute?

Ya kaya bemo bayar per-orang. Tiap orang tujuannya bisa berbeda-beda, dengan catatan masih satu jalur. Kebanyakan yang kita ambil tuh yang berobat ke RSCM, kadang RS. Carolus dan ada yang LBH. Klo tarif per-orang kita kenakan Rp. 5 rb jauh dekat. Bisa juga orang carter, misal ke tanah abang dan dia tawar Rp 50 rb, ya udah kita bawa.Tetep sih pake nego klo udah cocok ya di ambil.


Bagaimana menurut Bapak, menguntungkan Bemo lama atau Qute yang baru ini Pak?

Jelas menguntungkan yang lama (bemo). Kita yang lama kan nggak punya angsuran, ini yang baru (Qute) kita malah punya utang.


Berapa pendapatan Bapak perhari?

Ya sekarang kan saingannya banyak ya terutama online. Kita dari pagi dari jam 6 sampai dengan jam 6 lagi, bersihnya apabila sudah dikurangi setoran dan makan,

kita dapat 50 s.d 75 rb. Klo kotornya 300 rb, dipotong setoran 110, bensin 50, trus makan dan rokok 40, bisa bawa pulang 100 itu klo lagi bagus.


Apa beda bajaj, qute dan kancil?

Klo bajaj roda tiga dan tidak bisa masuk tol, klo qute roda empat dan bisa masuk tol

Bajaj orange diganti bajaj biru, sedangkan qute menggantikan bemo yang sekarang tidak beroperasi lagi.


Jadi Bapak belum pernah berganti profesi?

Saya sudah dari tahun 1990 di Bemo sebelumnya saya kerja di bengkel. Faktor usia saya tidak mungkin berganti profesi.


Ada komunitas nggak Pak untuk qute?

Kalau dulu jaman Bemo ada namanya Paguyuban Bemo Jakarta, kalau Qute belum dibentuk, kan baru banget ini, baru setahun.


Bisa diceritakan Pak hubungan antara Bemo dan Angkot?

Jadi dulu itu tahun 1996-1997 bemo pernah diremajakan namanya Angkutan Pengganti Bemo (APB) namun masih ada sebagian yang tidak dapat APB, jadi masih ada bemo tersisa yang masih beroperasi.


Apa yang Bapak rasakan ketika angkot mulai marak di Jakarta?

Pemasukan turun banyak hampir 50%, karena masyarakat ingin nyobain APB itu. Akhirnya anak-anak gantian setengah hari antara bemo dan APB. Kenapa saya tidak memutuskan untuk ganti APB, abisnya Bemo kan belum dilarang. Udah pokonya sampe abisnya bemo dimane sih. Tapi lama kelamaan pelanggan bemo ya tetep ada.


Terimakasih Pak atas waktunya.



116 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua