Pak Muhamad - Sopir Ojol

Diperbarui: 18 Sep 2021

Pak Muhamad berharap penghasilannya bisa kembali seperti dulu, tapi sebelum itu dia harus kurangin makanan dulu

Siang pak, boleh kami tanya tentang dampak pandemi ini buat ojek online?

Boleh, mau tanya tentang apa?


Kalo pendapatan bapak gimana sejak PSBB bulan Maret ini?

Ya turunnya drastis. Sebelum pandemi ini bisa dapat 200.000, 300.000 atau lebih per hari. Di manggarai kan stasiun transit, jadi ada banyak orang dari Bekasi, dari Bogor, Depok dan lain-lain yang turun sini. Pas lokdown itu hilang semua. Kalo gofood apa gosend bisa, tapi susah juga cari tempat ordernya. Saya mutar terus tapi dapatnya cuman satu atau dua per hari.


Kalo gitu pak bensin mau habis ya?

Memang itu, tapi enggak ada pilihan lain kan. Uangnya buat makanan keluarga gitu.


Sejak kebiasaan baru ini gimana pak?

Goride udah bisa lagi, makanya saya kembali ke manggarai ya, tapi masih enggak banyak. Bonus juga enggak ada lagi kayak dulu. Pendapatannya berkurang sekitar 50% lebih, jadi saya harus pintar hematin uang sih, makan lebih dikit kayak gitu.


Wah susah ya pak.

Susah. Apalagi baru-baru ini peraturan aplikasinya semakin ketat. Kalo di sini kan kami sering pake fake GPS ya, biar titik jemputnya langsung depan stasiun itu bahkan kalo kami lagi duduk di warung kayak gini. Menurut saya itu kurangin macetan depan stasiun ya, enggak ada banyak driver yang di pinggir jalannya. Tapi kalo ap-nya tau saya lagi pake fake GPS akun langsung diblok, selama 7 hari enggak bisa dapat order. Soalnya kalo lebih banyak ojol ada di sana, lebih sering ada konflik sama opang atau satpolnya gitu.


Jadi kalo kondisi tetap begin terus pak, gimana?

Ya gimana ya, saya pasti tetap ojek online, tapi kemungkinan besar harus cari kerja sampingan. Keluarga saya semua di jakarta, jadi semoga ada yang bisa bantu.


Semoga ya pak. Terimakasih ya.

Ya sama-sama.


28 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua