Penolong Lapar & Haus di Asian Games 2018!

Diperbarui: 18 Sep 2021


Serupa dengan eforia ribuan warga Jakarta lainnya dalam mendukung kesuksesan penyelenggaraan Asian Games 2018 di kota ini, saya pun mencoba ikut menyaksikan beberapa pertandingan secara langsung di Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan.


Meski bersemangat, ternyata ada banyak tantangan yang dihadapi untuk ikut kegiatan nonton bareng secara langsung di GBK itu. Selain harus mengantri selama berjam-jam dibawah terik matahari untuk menukar tiket, ternyata cukup sulit mendapatkan dan minuman segar, enak dan mengenyangkan (juga murah) di dalam kompleks olahraga. Emang sih, ada beberapa kios makanan yang resmi diselenggarakan oleh panitia, tapi jumlahnya terbatas dan lokasinya menurutku kurang banyak. Lagipula, perut dan lidah jakartaku ini kayaknya cuma bisa diganjel sama menu-menu favorit ala warteg.

Syukurlah, setelah mencari-cari cukup lama, akhirnya ketemu sebuah sudut kawasan yang agak tersembunyi tapi cukup ramai didatangi ! Ternyata saya tidak sendiri, ada puluhan pengunjung maupun petugas acara yang menikmati makanan dan minuman yang didagangkan oleh beberapa pedagang informal ; gerobak dawet, es jeruk, air mineral, ketoprak, rujak, dan lain-lain. Mereka memang bukan pedagang ''resmi'' sih, tapi mereka sudah pasti adalah penolong para pengunjung dan petugas yang perlu ''energi asia'' dalam rangka meramaikan perhelatan akbar Asian Games 2018 ini !

Bapak Domo, pedagang kopi dan jajanan, dan kawan2nya sudah berapa bulan di sudutnya, sejak kebijakan bersih2 daerah stadium diberlakukan. Walau pelanggan semua yg bekerja atau bertamu kegiatan Asian games, kita harus nyari cukup lama untuk menemukan ruangnya. Ketika dia ditanya tentang situasinya, pak Domo bilang ''iya dagangin sini kurang menguntungkan, tetap ada pemasukan, Alhamdulilah.'' Andai saja Panitia melonggarkan sedikit peraturannya, mungkin Pak Domo dan kawan kawannya dapat menjelajah lebih luas sehingga mereka senang dengan ramainya pendatang, kita pun lebih mudah mengobati dahaga dan rasa lapar.


Setelah perut kenyang dan haus hilang, jadi semangat lagi!


0 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua